Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Peluang Usaha Modal 100 Ribu yang Menguntungkan, Omzet bisa Jadi Jutaan

Bagi sebagian orang uang 100 ribu memang dianggap kecil dan tidak ada harganya, namun bagi sebagian lagi khususnya bagi kalangan menengah ke bawah uang 100 ribu begitu sangat berharga bahkan bisa dijadikan sebagai modal usaha. Bagi orang yang tidak tahu memang tidak akan percaya jika uang 100 ribu ini bisa di jadikan sebagai modal usaha dan bisa mendatangkan omzet yang sangat besar hingga jutaan.
Peluang Usaha Modal 100 Ribu yang Menguntungkan
uang pecahan 100 ribu, dok youtube
Salah satu contoh usaha modal 100 ribu yang untungnya besar bisa jadi jutaan yaitu jualan gorengan, sosis, aneka keripik/atau camilan, warung kopi, es degan, cilok dan lain sebagainya, jadi Anda tidak perlu takut kehabisan ide karena sebenarnya di sekitar kita sudah banyak contohnya.

Membuka usaha dengan modal yang sangat minim tidak perlu malu dan gengsi karena sudah banyak orang yang sukses berawal dari menjalankan bisnis kecil kecilan, lagi pula di jaman sekarang mencari pekerjaan semakin sulit, oleh sebab itu kita harus kreatif dan pandai mencari peluang. Nah jika Anda tertarik ingin mencoba memulai usaha dengan modal 100 ribu langsung saja simak 10 rekomendasi di bawah ini.

Daftar Usaha Modal 100 Ribu yang Menguntungkan

1. Jualan gorengan

Jualan gorengan termasuk jenis usaha yang tidak ada matinya karena disukai semua kalangan masyarakat baik kelas atas maupun bawah, untuk menjalankan usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar cukup dengan uang 100 ribu, namun yang perlu diketahui untuk peralatan harus memanfaatkan yang ada di dapur rumah.

Intinya uang 100 ribu itu hanya digunakan untuk pembelian bahan-bahan seperti tahu, tepung, minyak goreng dan sebagainya. Adapun beberapa contoh dan jenis gorengan yang bisa Anda jual seperti tahu isi, tempe goreng, lumpia dan lainnya, namun jika Anda tidak memiliki tempat maka bisa menggunakan teras rumah sebagai tempat jualan.

2. Jualan keripik

Jualan keripik juga tidak membutuhkan modal yang besar loh, cukup dengan uang 100 ribu saja, ada banyak jenis keripik yang bisa Anda jual seperti keripik pisang, ubi, ketela, dan singkong. Supaya bisa mendapatkan omzet besar maka buatlah keripik yang unik dan menarik atau berikan pilihan varian rasa yang beragam seperti pedas, asin, manis dan lainnya.

3. Angkringan kopi

Jangan salah paham yang dimaksud angkringan kopi di sini bukanlah yang besar namun kecil-kecilan, Anda bisa memanfaatkan halaman di depan rumah dan untuk membuka angkringan ini dimulai ketika sore hari hingga malam, menjalankan bisnis jualan kopi ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Modal utama jualan kopi yaitu hanya air panas, kemudian gunakan uang 100 ribu itu untuk membeli aneka macam kopi sachet di pasar. Dijamin menjalankan bisnis jualan kopi ini bisa laris dan mendatangkan omzet yang besar mengingat orang-orang habis bekerja seharian tubuh merasa capek dan ketika malam hari ingin bersantai bersama teman untuk menghilangkan penat. Jika sudah punya tambahan modal bisa diselingi dengan jualan camilan dan dipasangi Wifi.

4. Minuman es degan

Menjual minuman es kelapa atau degan juga sangat menjanjikan, untuk modalnya sendiri terbilang sangat minim dengan uang 100 ribu sudah pasti lebih dari cukup. Biasanya dalam pembuatan Es kelapa ini satu kelapa muda bisa dijadikan hingga 100 gelas Es yaitu dengan cara dicampur dengan pemanis tambahan.

Bayangkan jika per gelasnya dijual Rp 2000 saja maka jika dikalikan 100 gelas hasilnya yaitu Rp 200.000. Sedangkan untuk modalnya 1 kelapa muda hanya Rp 10.000 saja kemudian ditambah membeli gelas plastik serta gula mungkin semuanya cuma habis sekitar Rp 50.000. Jadi hasil bersih yang Anda dapatkan dari berjualan es kelapa ini yaitu Rp 150.000 per 100 gelasnya, wah besar banget omzetnya kan kalau dikumpulkan bisa jadi jutaan.

5. Jualan cilok

Jualan cilok juga bisa mendatangkan omzet yang besar, bayangkan hanya bermodal tepung terigu, tepung kanji, tahu, saus dan kecap Anda sudah bisa berjualan, tentu tidak sampai habis 100 ribu kan. Untuk target penjualan cilok bisa dijajakan ke sekolah-sekolah, pabrik atau bisa keliling kompleks.

6. Menjual sosis

Jangan anggap remeh, meskipun cuma jualan sosis tapi untungnya bisa jutaan, sebagai contoh saja satu bungkus sosis kecil setengah kiloan biasanya isi 15 batang dan harganya Rp 17.000. Kemudian jika di ecer per batangnya dijual Rp 2000 maka tinggal dikali 15 batang hasilnya Rp 30.000.

Berarti penghasilan dari satu bungkus sosis setengah kiloan yaitu Rp 13.000. Sebagai contoh jika target penjualan Anda ke anak sekolah dan dalam setengah sehari bisa habis 10 bungkus berarti Rp 13000 x 10 = 130.000, kemudian dikurangi biaya minyak goreng Rp 25.000 dan tabungan untuk beli gas LPG Rp 5000 Berarti penghasilan bersih Anda yaitu Rp 100.000.

Namun karena modal Anda cuma Rp 100.000 sebaiknya bertahap dan jangan banyak-banyak misalnya beli 3 sampai 4 bungkus dulu, baru setelah Anda mempunyai tambahan modal bisa di tambah lagi dan begitu seterusnya.

7. Jualan mainan serba seribu

Jika Anda tinggal di perumahan yang banyak anak-anaknya atau di dekat sekolahan maka bisa dimanfaatkan berjualan serba seribu, uang 100 ribu sudah sangat cukup, biasanya anak SD suka dengan mainan kecil yang harganya sekitar Rp 500 hingga Rp 5000 rupiah. Contohnya seperti jualan buku mewarnai, teka-teki, mainan ular tangga, gelang mainan, mobil-mobilan plastik, pistol plastik dan sebagainya.

8. Kue basah

Yang dimaksud kue basah bukan yang mahal, tetapi yang murah dan terbuat dari bahan seperti singkong, tepung dan kelapa, contohnya sangat banyak Anda bisa membuat kue lapis, klepon, getuk, lemper, lupis dan lainnya. Uang 100 ribu sudah pasti sangat cukup yang penting untuk peralatannya memanfaatkan yang ada di rumah. Untuk penjualannya bisa di teras rumah atau dijajakan ketika sore hari.

9. Aksesoris

Membuat kerajinan aksesoris kecil kecilan seperti ikat rambut, bando, gelang, dan gantungan kunci dan lain sebagainya. Jika ini ditekuni sudah pasti sangat menguntungkan, lagi pula untuk menjalankan bisnis membuat aksesoris ini tidak membutuhkan modal yang besar. Memang sih untuk tahap awal jangan membuat banyak dulu, baru nanti setelah beberapa barang ada yang laku boleh jika ingin menambah karena sudah punya tambahan modal.

10. Jualan Kerupuk

Jangan kaget, meskipun kedengarannya sepele tapi jangan di anggap remeh karena banyak orang yang sukses hanya dengan usaha kerupuk. Cara pemasarannya sangat mudah cukup di taruh di toko-toko dan juga warung makan, modal untuk berbisnis jualan kerupuk juga tidak besar cukup dengan uang Rp 100 ribu saja pasti sudah bisa dibuat beli bahan.

Anda bisa menjual aneka macam kerupuk seperti udang, kerupuk puli, kerupuk tengiri, kerupuk jumbo dan sebagainya, pertama Anda cukup beli kerupuk mentahnya di pasar kemudian di goreng dan dikemas sendiri, dengan cara seperti itu maka Anda akan mendapatkan untung hingga jutaan.

Penutup

Nah, dari semua jenis ide usaha modal 100 ribu di atas jika dijalankan dengan teknik yang tepat dan benar pasti akan mendatangkan omzet hingga jutaan. Namun untuk memulai berwirausaha tidaklah mudah karena membutuhkan kesabaran ekstra serta tidak boleh mudah putus asa, karena untuk mencapai kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan, terima kasih semoga artikel ini bermanfaat.