Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Daftar Peluang Usaha di Kampung yang Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula

Peluang bisnis di kampung sangat banyak ragamnya, akan tetapi masih banyak orang yang tidak tahu dan lebih memilih untuk pergi merantau. Padahal jika kita mampu melihat peluang di pedesaan itu sangat banyak jenis usaha yang memiliki potensi bagus dan bisa di kembangkan.

Apalagi sekarang teknologi komunikasi seperti jaringan internet rata-rata sudah masuk ke pedesaan, tentu ini bisa dijadikan sebagai kekuatan besar untuk membangun usaha di kampung, jadi jangan ada lagi kata keterbatasan peluang kerja, malah sebaliknya ide usaha di kampung itu sangat banyak.

Jika kamu masih pemula dan berkeinginan untuk membuka usaha di pedesaan berikut ini ada 10 daftar usaha di kampung yang memiliki potensi menguntungkan dan layak kamu coba, silahkan simak berikut ini.

10 Peluang Usaha di Kampung yang Menguntungkan

1. Ternak ayam kampung

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
usaha ternak ayam kampung memang sangat menguntungkan, untuk menjalankan usaha ternak ayam kampung ini tidak membutuhkan modal yang besar dan sangat cocok untuk pemula, kamu cukup menggunakan sistem yang sudah umum yaitu umbaran.

Dengan menerapkan sistem umbaran ini Anda tidak membutuhkan modal yang besar, cukup memanfaatkan lahan kosong yang ada di belakang rumah yang penting harus di pagar supaya aman dari ancaman hewan buas seperti ular dan musang. 

Apalagi saat ini permintaan ayam kampung semakin meningkat seperti warung makan yang mana setiap harinya membutuhkan pasokan ayam yang cukup banyak, tentu untuk kedepannya bisnis ayam kampung ini semakin menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai bisnis utama Anda. Selain ternak ayam kampung masih banyak jenis bisnis lain yang tidak kalah menjanjikan.

2. Budidaya lele

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Budidaya lele tidak membutuhkan modal yang besar, jika kamu tinggal di kampung tidak ada salahnya mencoba bisnis budidaya lele, misalnya kamu tidak mempunyai kolam yang permanen maka sebagai alternatif bisa menggunakan terpal atau memanfaatkan tong bekas, tentu ini lebih efisien dan bisa meminimalisir pengeluaran modal.

Budidaya lele ini jika dijalani dengan serius dan skala yang cukup besar maka hasil yang didapatkan pun juga lumayan menguntungkan, apalagi kebutuhan lele saat ini juga semakin meningkat sama seperti ayam, harganya pun tergolong mahal untuk jenis sangkuriang biasanya sekitar Rp 20.000 s/d Rp 25.000.

Cara budidaya lele juga tidak rumit, apalagi sekarang di internet sudah bertebaran tutorial yang membahas cara budidaya lele, tetapi kamu juga harus jeli dalam mencari informasi di internet, carilah dari sumber yang benar-benar terpercaya.

3. Jamur tiram

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula

Jamur tiram sekarang sudah tidak asing lagi, permintaan jamur tiram juga semakin meningkat dikarenakan jamur tiram ini disukai oleh semua kalangan masyarakat, untuk jenisnya sendiri banyak mulai dari tiram putih, abu-abu, cokelat, emas dan lainnya.

Nah, jika kamu tinggal di perkampungan maka bisa mencoba usaha jamur tiram ini karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan juga modal yang besar. Namun bagi pemula sebaiknya cari bibit yang bagus supaya pertumbuhan jamur juga bagus.

Untuk mendapatkan bibit yang bagus kamu bisa membeli di penyedia bibit yang terpercaya atau juga bisa membibit sendiri. Untuk tempat pertumbuhan jamur tiram ini secara umum menggunakan Baglog yang terbuat dari serbuk gergaji (emput), bekatul dan kapur.

Untuk pemasarannya sangatlah banyak dan tidak hanya di pasar saja, bisa di warung makan atau dijual online, jika kamu ingin omset lebih besar lagi jamur tiram ini juga bisa dijadikan produk olahan.

4. Jual sayuran

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Jenis bisnis jualan sayuran ini jangan di anggap sepele karena sudah banyak orang yang sukses hanya dengan berjualan sayuran ini. Sayuran termasuk kebutuhan pokok yang wajib disajikan di setiap makanan manusia sehari-hari.

Jadi usaha sayuran ini pasti sangat menjanjikan dan cocok bagi pemula, untuk caranya sendiri sangat banyak, bisa keliling kampung menggunakan sepeda motor, gerobak dorong, mobil, atau juga bisa menetap di suatu tempat yang telah disediakan.

Untuk mendapatkan sayuran yang terjangkau kamu bisa langsung membelinya ke petani, biasanya para petani menjual dengan harga yang murah yaitu di bawah harga pasar, dengan selisih Rp 1000 s/d Rp 2000 kalau dikalikan tentu bisa meminimalisir pengeluaran.

Jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak maka sayuran tersebut bisa kamu kemas dan dijual dalam bentuk plastik, akan tetapi jangan memasang harga terlalu tinggi supaya sayuran tersebut cepat habis agar tidak membusuk.

5. Jasa menjahit

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Dari waktu ke waktu usaha fashion tetap menjanjikan karena tergolong jenis usaha yang tidak pernah ada matinya termasuk juga usaha yang berhubungan seperti jasa menjahit, terlebih lagi di jaman sekarang ini fashion sudah menjadi kebutuhan pokok semua orang karena pakaian bukan hanya sekedar untuk menutupi tubuh saja, akan tetapi sudah menjadi seni berpenampilan.

Untuk itu membuka jasa menjahit di desa sudah pasti sangat laris karena tidak semua orang yang membeli pakaian langsung pas dikenakan, terkadang kebesaran atau bagi orang yang gemuk tentu tidak ada jalan lain lagi selain dengan menjahitkan supaya mendapatkan ukuran pakaian yang sesuai.

Nah, jika kamu memiliki keahlian dalam menjahit kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk membuka usaha menjahit, apalagi bila kamu sudah dikenal dan dipercaya dijamin akan banyak orderan yang berdatangan seperti orang akan menjahitkan seragam sekolah, gorden, baju hamil dan sebagainya.

6. Jasa Cetak/ Desain

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Usaha jasa mencetak atau mendesain ini juga sangat cocok dikerjakan di desa, untuk prospek kedepannya juga sangat menjanjikan, apalagi kebutuhan spanduk, undangan pernikahan semakin meningkat, jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuka usaha mencetak ini.

Selain membuka usaha jasa mencetak Banner dan undangan bisa juga melayani cetak foto, dokumen, foto kopi dan lainnya. Syarat utama untuk membuka usaha percetakan adalah komputer dan printer, kamu juga harus memiliki keahlian dalam mendesain.

7. Menjual olahan kuliner

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Peluang usaha menjual produk olahan kuliner ini tidak membutuhkan ruko atau modal yang besar, buat pemula ini sangat cocok, yang terpenting kamu bisa membuat berbagai macam olahan khas di desa tersebut, atau jika tidak bisa membuat sendiri maka dengan cara menjualkan produk orang lain.

Banyak sekali jenis produk olahan khas desa seperti rempeyek, keripik singkong, ubi dan aneka macam olahan yang ada di pedesaan. Untuk penjualannya tidak perlu repot-repot kamu bisa manfaatkan sosial media atau marketplace.

8. Bisnis warung

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Peluang usaha membuka warung di desa juga masih sangat menjanjikan, apalagi sekarang di kampung sudah ada jaringan internet, untuk mensiasati pelanggan, kamu bisa memasang wifi supaya pelanggan bisa ketagihan ke warung kamu kembali.

Usaha warung banyak jenisnya kamu bisa memilih bidang yang dikuasai, sebagai contoh membuka warung kelontong, warung mie ayam, atau warung bakso. Semua jenis usaha tersebut tidak membutuhkan modal yang besar, jika kamu tidak memiliki tempat untuk berjualan maka bisa memanfaatkan teras depan rumah.

Selain menjual kelontong atau mie ayam juga bisa diselingi dengan jualan es campur, jus dan kopi, juga makanan ringan seperti kue basah, camilan keripik dan sebagainya.

9. Bisnis mebel

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Membuka usaha pembuatan mebel di desa sangatlah menjanjikan, apalagi jika kamu seorang seniman tentu selain hanya membuat kursi, almari atau peralatan rumah tangga lainnya kamu juga bisa membuat aneka macam kerajinan yang unik. Kemudian untuk pemasarannya juga tidak perlu kawatir, jika kamu tidak memiliki galeri maka bisa dijual secara Online.

Anda cukup memajang beberapa foto hasil kerajinan kamu di halaman marketplace, dijamin jika barang-barang yang kamu buat unik pasti para pengunjung banyak yang memesannya. Jadi sudah pasti usaha pembuatan mebel ini terbukti menjanjikan.

10. Menjual souvenir

10 Contoh Bisnis di Desa Paling Menguntungkan, Cocok Untuk Pemula
Jika kamu mempunyai ketrampilan maka bisa membuat aneka souvenir yang unik dan menarik, peluang bisnis membuat souvenir sangat praktis dan cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan tempat yang luas, cukup memanfaatkan ruangan di rumah. Untuk penjualannya kamu tinggal memajang foto-foto souvenir buatan kamu di beranda media sosial atau marketplace yang sudah ada.

Usaha souvenir ini banyak ragamnya, sebagai contoh kamu bisa membuat souvenir pernikahan, ulang tahun atau membuat souvenir berupa benda-benda seperti gelang, gantungan kunci dan sebagainya. Meskipun tinggal di pedesaan kalau kita mampu mencari peluang usaha dijamin tidak akan pernah kehabisan ide.

Penutup

Demikianlah 10 contoh peluang usaha  di kampung yang sangat menguntungkan. Bagi pemula, semua peluang di atas tersebut tidak membutuhkan modal yang besar, tetapi perlu di ketahui bahwa dalam dunia usaha harus telaten dan juga ulet supaya usaha yang dijalani bisa cepat berkembang. Terima kasih semoga informasi ini bisa bermanfaat.