Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Sebagai ibu rumah tangga yang sudah mempunyai momongan atau anak kecil tentunya semakin sibuk karena selain mengurus buah hati harus mengurus suami. Namun di balik kesibukan tersebut bukan berarti tidak bisa untuk menjadi seorang pengusaha. Faktanya di luaran sana ada banyak ibu rumah tangga yang mempunyai anak kecil namun masih bisa menjalankan sebuah bisnis.

Jenis Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil
Sudah banyak ibu rumah tangga yang menjalankan sebuah usaha dan terbukti sukses bisa membantu keuangan keluarga bahkan ada yang sampai berkembang menjadi bisnis besar. Jadi untuk menjalankan sebuah usaha punya anak kecil bukanlah penghalang yang penting harus pandai-pandai dalam mengatur waktu.

Lalu usaha apa? Jenis usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga ialah usaha rumahan, ini ibarat sambil menyelam minum air karena selain bisa mengurus anak-anak dan suami masih bisa mengurus usaha dari rumah. Nah, tunggu apalagi buat ibu-ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan berikut ini ada beberapa jenis ide usaha rumahan yang layak dicoba.

Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

1. Usaha jasa menjahit

Jenis Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil
Jenis usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang pertama adalah menjahit, jika Anda mempunyai bakat dan ketrampilan di bidang menjahit maka bisa dicoba dengan membuka usaha jasa menjahit. Prospek usaha ini kedepannya sangat bagus mengingat pakaian sudah menjadi kebutuhan wajib semua orang.

Agar dapat menarik pengunjung sebaiknya di depan rumah wajib dipasangi banner, jika jahitan Anda sangat rapi dan bagus pasti kedepannya Anda akan kualahan menerima orderan dalam jumlah besar untuk menjahit seragam sekolah, seragam kantor, seragam komunitas dan lain sebagainya.

2. Usaha jualan kue kering

Membuka usaha kue kering juga memiliki prospek yang sangat bagus dan sangat cocok dijalankan ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil, lagi pula untuk memulai usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, Anda bisa memanfatkan semua peralatan yang ada di dapur. Kue kering sendiri memiliki banyak jenis diantaranya yaitu kue nastar, putri salju, pan kacang, semprit dan lain sebagainya.

Untuk tahap awal silahkan tentukan dulu jenis kue yang ingin dibuat dan sesuaikan dengan kemampuan yang di miliki. Untuk pemasarannya sendiri sangat mudah pada saat ini jamannya internet maka bisa di jual melalui media sosial. Jika kue yang Anda buat enak lama kelamaan akan ada banyak pelanggan yang ingin dibuatkan kue untuk acara ulang tahun, arisan, apalagi ketika menjelang hari raya Anda pasti akan kualahan menerima banyak orderan.

3. Usaha laundry

Membuka usaha jasa laundry juga sangat menjanjikan dan cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, enaknya usaha laundry ini tidak harus mempunyai keahlian khusus dan bisa dikerjakan sambil mengasuh anak. Jadi bagi para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa mencoba usaha laundry kiloan ini.

Untuk tahap pemula silahkan beli mesin cuci bekas yang kondisinya masih bagus, di tambah perlengkapan lain seperti setrika, timbangan, jepitan jemuran dan deterjen pewangi. Agar jasa laundry Anda cepat dikenal orang maka wajib memasang banner di depan rumah atau promosi melalui media sosial. Konsumen yang butuh jasa laundry yaitu para mahasiswa, pasutri yang tidak mempunyai asisten rumah tangga dan para pekerja kantoran.

4. Usaha jual tanaman

Jenis Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil
Menjual tanaman hias juga menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan dan memiliki prospek bagus, bagi ibu rumah tangga yang hobi berkebun atau merawat tanaman bisa mencoba usaha jualan tanaman hias. Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman hias kemudian memasarkannya ke tetangga sekitar rumah, nanti jika toko Anda sudah mulai dikenal para pelanggan akan berdatangan kerumah Anda.

5. Membuat aneka kerajinan tangan 

Peluang usaha selanjutnya yaitu membuat aneka kerajinan tangan, Anda bisa membuat aneka kerajinan dari kain flanel atau kerajinan dari barang bekas sesuaikan saja dengan kemampuan yang Anda miliki. Usaha membuat kerajinan tangan tidak membutuhkan modal besar karena bahan dasarnya sangat murah bahkan bisa memanfaatkan barang bekas, namun Anda harus memiliki kreatifitas tinggi.

Bagi ibu rumah tangga bisa mencoba alternatif membuat aneka kerajinan tangan disela-sela mengasuh anak. Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa Anda buat diantaranya membuat boneka, tas dari kain flanel, bunga hias, tempat tisu dan lain sebagainya. Untuk pemasarannya bisa dijual ke marketplace.

6. Usaha jasa catering

Usaha catering rumahan tidak membutuhkan modal besar dan cocok dijalankan bagi ibu rumah tangga, yang paling enak dari usaha catering rumahan ini sangat minim resiko dan untung yang di dapatkan pun cukup menjanjikan. Bagi ibu-ibu yang hobi memasak tentunya bisa mencoba peluang usaha catering rumahan ini.

Jika masakan Anda enak nantinya orang-orang akan kembali beli lagi dan besar kemungkinan rumah Anda akan diserbu para pembeli, apalagi jika sudah memiliki langganan khusus seperti untuk makan siang karyawan, acara arisan, pesta ulang tahun tentu omzet yang Anda dapatkan akan sangat besar.

7. Usaha jual fashion hijab

Jenis Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil
Pada saat ini bisnis fashion sedang trending dan memiliki prospek yang sangat bagus. Jadi bagi para ibu rumah tangga bisa mencoba usaha fashion ini khususnya menjual pakaian hijab. Namun sebelum terjun ke usaha hijab ini sebaiknya riset dulu kira-kira gaya pakaian hijab yang trend di sekitar tempat tinggal Anda apa. Sebagai tahap awal mungkin Anda bisa menawarkan ke teman arisan atau kerabat dulu.

8. Usaha toko kelontong

Membuka usaha toko kelontong rumahan juga sangat menjanjikan dan bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ada berbagai macam barang yang bisa Anda jual seperti sembako, shampo, minyak goreng, mie instan, rokok, tabung gas, gula dan lain sebagainya. Jadi selain bisa mengasuh anak Anda juga bisa menjaga toko kelontong tersebut.

Untuk tahap awal menyetok barang dengan jumlah sewajarnya saja yang penting serba ada, kemudian dekorasi toko Anda semenarik mungkin dan pasang banner di depan rumah supaya banyak orang yang tahu kalau anda jualan. Jangan lupa selalu beri pelayanan yang terbaik agar pembeli tidak kapok.

9. Usaha jual sayuran

Jenis Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil
Usaha menjual sayuran di halaman rumah juga layak dijadikan sebagai pilihan rekomendasi bagi ibu rumah tangga yang ingin membantu keuangan keluarga. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sayuran ini tidaklah banyak. Apalagi jualan sayuran ini di lakukan pada pagi hari jadi masih bisa untuk mengerjakan pekerjaan rumah termasuk mengasuh anak.

Penutup

Demikianlah artikel tentang peluang usaha rumahan yang cocok dijalankan ibu rumah tangga, semua jenis peluang usaha di atas bisa dikerjakan di rumah sambil mengasuh anak, jadi buat para ibu sekarang sudah bisa menjadi pengusaha meskipun mempunyai anak kecil. Terima kasih semoga artikel ini bermanfaat.