Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Makan Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Saat Berbuka Puasa & Sahur

Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah dan kerap kali di konsumsi ketika berbuka puasa dan juga sahur. Makan kurma saat berbuka puasa sama dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Rasulullah berpesan kepada semua umat Islam supaya berpuasa dengan sederhana. Seperti yang telah dicontohkan yaitu memakan tiga butir kurma dan minum segelas air putih.
10 Manfaat Makan Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Saat Berbuka Puasa & Sahur
Menurut sejumlah penelitian yang sudah dibuktikan bahwa kurma memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, jadi tak heran jika kurma sering dijadikan sebagai menu utama ketika berbuka puasa dan sahur. Manfaat kurma selain bisa memulihkan stamina dan energi yang hilang setelah seharian penuh puasa ternyata masih banyak manfaat yang lainnya, diantaranya sebagai berikut ini.

Manfaat kurma bagi kesehatan saat buka puasa & sahur

1. Mengembalikan energi

Setelah seharian menahan haus dan lapar tentunya tubuh kita terasa lemas dan loyo karena kekurangan asupan kalori. Solusinya yaitu dengan memakan buah kurma saat berbuka puasa supaya energi yang hilang bisa segera pulih. Kandungan nutrisi yang ada pada kurma mampu memberi kalori yang cukup pada tubuh kita.

2. Mengurangi rasa lapar

Manfaat makan kurma saat berbuka puasa dan sahur juga mampu mengurangi rasa lapar. Itu karena buah kurma memiliki banyak kandungan serat dan gula sehingga memakan kurma akan membuat kamu lebih cepat kenyang. Apalagi ketika di makan saat sahur tentunya kandungan nutrisi pada kurma bisa menjadi energi cadangan di dalam tubuh kita.

3. Mengurangi rasa haus

Ternyata memakan buah kurma saat berbuka puasa dan sahur juga bisa mengurangi rasa haus, itu di sebabkan kurma mempunyai banyak kandungan mineral di dalamnya sehingga bisa membantu kamu supaya tidak cepat haus ketika seharian penuh menjalankan ibadah puasa.

4. Mengontrol gula darah

Buah kurma yang manis ternyata bisa mengontrol gula darah dan tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Itu karena buah kurma mempunyai banyak kandungan nutrisi, serat serta antioksidan. Oleh sebab itu mengkonsumsi kurma secara rutin bisa mencegah kadar gula darah yang melonjak berlebihan. 

5. Memerangi radikal bebas

Kurma tak hanya memiliki rasa yang enak dan lezat, tetapi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti memerangi radikal bebas. Kandungan antioksidan pada kurma sangat ampuh mencegah radikal bebas yang mengancam tubuh. Selain itu antioksidan pada kurma juga mampu menjaga kesehatan mata, mencegah kanker serta bisa menghilangkan stres.

6. Menyembuhkan diare

Kandungan potasium di dalam kurma yang sudah matang sangat efektif untuk menyembuhkan diare. Selain itu serat larut di dalamnya juga bisa membantu meringankan diare dengan cara membuat pergerakan usus menjadi normal kembali serta meningkatkan sistem ekskresi yang normal dan sehat.

7. Mencegah anemia

Jika kamu terkena dua gejala seperti mudah lelah serta kulit terasa pucat itu pertanda jika kamu kekurangan zat besi atau anemia.  Salah satu solusinya yaitu dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin karena di dalam kurma banyak mengandung zat besi yang tinggi. Tentu ini sangat baik jika dijadikan sumber makanan untuk mencegah penyakit anemia.

Demikian artikel tentang manfaat memakan buah kurma bagi kesehatan tubuh saat berbuka puasa dan juga sahur. Terima kasih semoga informasi ini bisa bermanfaat.