Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar dan populer kedua di Indonesia. Sebagai ibukota Provinsi di Jawa Timur, kota ini sering kali dijadikan target tujuan wisata oleh para wisatawan lokal dan mancanegara bahkan dari seluruh dunia.
20 Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari: allinma.co.id
Mungkin karena Surabaya sangat eksotis dan memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya menjadi pusat bisnis dan wisata, tetapi juga menjadi surganya kuliner Indonesia. Di Surabaya kulinernya sangat populer, terdapat banyak sekali tempat makan yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Surabaya dengan cita rasa yang begitu nikmat dan menggoda.

Di Surabaya unsur jawanya juga masih sangat kental, sehingga tak heran jika sangat mudah kamu temukan makanan yang terbuat dari bahan tradisional bahkan di setiap sudut kota. Yang lebih spesial lagi, makanan khas Surabaya ini jumlah variannya sangat banyak bisa sampai puluhan, dan harganya pun dijamin murah meriah.

Nah, jika kamu sedang berwisata di kota Surabaya tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi kulinernya. Berikut ini 25 daftar makanan khas Surabaya yang sangat enak dan nikmat di jamin bikin kamu ketagihan, silahkan coba saja supaya liburanmu lebih berkesan.

20 Daftar makanan khas Surabaya yang paling populer

1. Rujak Cingur Ahmad jais

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @eattemptationsby
Rujak cingur merupakan salah satu makanan khas dari Surabaya, selain di Surabaya Anda juga bisa menemui rujak cingur di sebagian besar daerah di Jawa Timur. Tapi di Surabaya ada rujak cingur yang bisa dibilang paling eksklusif dan populer se-Indonesia. Kenapa dibilang eksklusif? Karena harga yang dipatok cukup mahal yaitu 70 ribu rupiah.

Yaitu "RUJAK CINGUR Achmad Jais" adalah salah satu warung legendaris yang ada di kota Surabaya, saking terkenalnya sampai jadi langganan para artis dan tokoh Nasionalis, bahkan di situ sudah jadi warung favorit para pelancong luar yang datang ke Surabaya. Meskipun rujak cingurnya seporsi di jual dengan harga 70 ribu tapi yang membeli rela antre.


Isi Rujak cingur Achmad Jais ini yaitu Cingur, Tahu, Tempe, Mangga, Nanas, Timun, Bengkoang, Mie, Kangkung, Tauge dan tak ketinggalan Lontong. Untuk alamatnya sendiri terletak di Jl. Ahmad Jais no. 40, Surabaya. Buka Hari Sabtu dan Kamis (Jumat tutup) mulai Pukul 11.00 - 17.00 WIB.

2. Sate Lisidu Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @diarysivika
Makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu sate Lisidu. Kenapa harus nama lisidu? Ternyata usut punya usut nama tersebut terinspirasi dari plat nomor mobil yakni L 1551 DU atau dibaca Lisidu. Yup Sate ini sangat legendaris sudah mulai dijajakan sejak tahun 1997 silam.

Sate lisidu sangat terkenal sekali kelezatannya bahkan sampai melegenda, yang jelas di sini satenya dari ayam kampung yang masih berusia muda. Jadi sudah wajar jika dagingnya sangat empuk dan bumbunya begitu meresap tentu ini menjadi ciri khas sate Lisidu ini. Ditambah lagi sate ayamnya gede-gede wih, tentu bikin yang makan semakin puas.

Warung Sate ayam kampung Lisidu ini beralamat di Jalan Kutai no 53. Surabaya. Buka dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal kok, sate ayam kampung dada dihargai 48K, sate ayam kampung ampela 35K, Sate ayam kampung hati 35K, sate ayam kampung paha 48K. Untuk yang bukan sate ayam kampung, "dada dijual 25K dan paha 25K".

3. Sate Karak Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @avx_stores
Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di kota Surabaya saja. Konon, makanan ini diklaim asli dari kawasan Ampel, Surabaya di bagian utara. Sate karak khas Surabaya ini tidak terbuat dari daging, tetapi dari usus yang kemudian disajikan dengan (karak) atau nasi ketan hitam. Kemudian di atasnya ditaburi dengan parutan kelapa sehingga mampu menciptakan rasa yang begitu luar biasa, gurih dan nikmat.

Sebenarnya sate karak ini sudah ada sejak tahun 1960an, tetapi sekarang keberadaannya cukup sulit ditemukan. Meski penjualnya sudah berkurang bukan berarti sudah tidak dijual lagi. Salah satu warung sate karak yang masih aktif berjualan sampai saat ini yaitu Sate Karak Ampel Lonceng. Nama tersebut diambil dari lokasinya yang berada di kawasan religi sunan ampel.

Tepatnya di Jl. Ampel Lonceng No.60, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur. Nah, jika kamu tak ingin makanan enak ini punah.Yuk mulai lestarikan makanan tradisional Nusantara.

4. Sego Sambel Mak Yeye Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @wowpedas
Jika kamu arek Suroboyo pasti sudah tidak asing dengan kuliner malam yang legendaris dan sudah ada sejak tahun 1982-an ini yaitu Sego Sambel Mak Yeye. Makanan favorit pecinta pedas ini selalu jadi incaran ketika lapar di malam hari.

Meskipun kuliner yang disajikan begitu sederhana, yakni menu andalannya berupa Ikan Pari yang di penyet maupun di panggang, namun soal kenikmatan di jamin luar biasa, rasanya begitu enak dan menggugah selera. Tak heran jika Sego Sambel Mak Yeye menjadi salah satu penyetan yang cukup populer di kota tersebut.

Kedai Mak Yeye terbilang cukup kecil dan berada di emperan toko, tetapi yang menjadi daya tariknya yaitu sambal pedasnya membuat warung ini selalu ramai. Jika kamu sedang liburan di kota Surabaya tidak ada salahnya jika mencoba Sego sampel Mak Yeye. Alamatnya Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur. Buka mulai Pukul 21.00 - 04.00 WIB. Harganya juga murah -/+ cuma 18K saja per porsi.

5. Lontong Kupang H. Woko Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @hellenmareta
Selanjutnya salah satu tempat yang menawarkan makanan enak khas Surabaya adalah Warung Lontong Balap dan Kupang H. Woko. Kedai lontong kupang yang fenomenal ini berlokasi di sekitaran Jalan Kalasan Surabaya. ini sangat cocok untuk memanjakan lidahmu dengan kuliner asal Sidoarjo.

Meski terletak di kedai yang sederhana tak membuat lontong kupang ditinggalkan. Bahkan, kuliner khas Surabaya ini banyak diburu oleh wisatawan. Lontong kupang Pak Woko dikenal dengan kuah petis yang sangat khas dan gurih.

Lontong kupang terbuat dari bahan dasar kupang yaitu sejenis kerang kecil dan berwarna kecoklatan. Kemudian direbus dan di masak dengan bumbu yang khas. Kemudian dalam penyajiannya dicampur dengan lontong serta kuah petis dan Lentho, ditambah perasan air jeruk nipis. Perpaduan rasa asam, manis dan pedas bercampur menjadi satu.

Dan biar lebih lengkap rasanya menyantap lontong kupang kita harus menambah kerang yang manis dan minum es kelapa muda. Untuk bisa makan disini Kamu hanya cukup menyediakan kocek sebesar 10K sampai 30K saja untuk 1 orangnya. Murah meriah bukan? Oh iya Lontong kupang H. Woko ini beralamat di Jl. Kalasan No.30, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY. Buka setiap hari mulai Pukul 09.30 - 17.00 WIB.

6. Lontong Balap pak Gendut Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @erdahartmaka
Kuliner yang tidak kalah populer yaitu Lontong balap pak Gendut. Sejarah Berawal di tahun 1985 yang mana pak Gendut melanjutkan usaha orang tuanya dikarenakan orang tua sudah sepuh. Kemudian tahun 1995 lontong balap Garuda milik Pak Gendut diubah menjadi lontong balap Pak Gendut karena julukan dari para pelanggan yang mungkin tidak tahu nama asli dari Pak Gendut.

Jika kamu mampir di sini dalam seporsi lontong balap Pak Gendut, Kamu bakal mendapatkan beberapa irisan lontong, lentho, kecambah, kecap, kuah segar, dan bawang goreng. Rasa yang enak dan nikmat menjadikan tempat ini menjadi tempat terfavorit para pecinta kuliner.


Untuk seporsi Lontong Balap Pak Gendut yang legendaris di Surabaya ini, dipatok harga 12K. Namun berdasarkan info di laman resmi Lontong Balap Pak Gendut, harga satu porsi yang asli adalah 17K. Alamat lontong balap pak Gendut di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11 Surabaya (depan PDAM + Dekat Stasiun Gubeng) Pindahan dari Jalan Kranggan. Buka Jam: 09.00 – 20.00 WIB.

7. Sate Klopo Bu Asih Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari: gardenpalacehotel
Jika kamu sedang berwisata di Surabaya jangan lupa mampir di warung sate klopo Bu Asih. Dibandingkan warung sate lainnya, sate klopo bu Asih ini unik karena menggunakan bahan kelapa dalam pembuatannya. Tusukan daging sapi atau ayam dibaluri bumbu kelapa parut gurih saat dibakar. Jika Anda tertarik ingin mencicipi kuliner satu ini, siapkan uang 29K saja seporsinya isi 10 tusuk.

Nama sate klopo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya sate kelapa. Oh iya, sate klopo ini begitu populer di Surabaya dan sudah eksis sejak tahun 1945. Untuk alamatnya sendiri di Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya. Dan buka mulai pukul 07.00 - 23.00 WIB.

8. Warung Kepiting Cak Gundul

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @ekotop
Bagi pecinta makanan seafod pasti sudah tidak asing dengan warung kepiting cak Gundul. Warung Ini merupakan resto yang menyajikan olahan kepiting dengan cita rasa enak dan mantap yang berpusat di daerah km-48 Surabaya - Malang.

Kuliner yang sudah ada sejak tahun 1992 ini, memang senantiasa tidak pernah sepi dikunjungi oleh para pelanggan setianya. Saat ini resto Kepiting Cak Gundul telah melebarkan outletnya sampai ke kota-kota besar di Indonesia.

Jika Anda mampir kesana akan dimanjakan dengan aneka olahan kepiting yang berukuran besar dan segar. Harganya pun relatif terjangkau karena hitungannya bukan dari jenis bumbu namun ukuran kepiting yang Anda pilih. Anda juga bebas memilih kepiting sesuai ukurannya, ada kepiting super jumbo, jumbo, super, full, dan KW. Nantinya, kepiting tersebut bisa dimasak dengan bumbu asam manis, saus mentega, kare, atau hanya direbus.

Warung kepiting Cak Gundul ini beralamat di Jl. Raya Kupang Indah No.45, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya. Buka mulai pukul 11.00 - 23.00 WIB. Untuk harganya sendiri bervariasi untuk super jumbo per ons 24K, Full jumbo per ons 25K, tanggung 16K, jumbo biasa 23K dan masih banyak lagi.

9. Tahu Telor & Tahu Tek pak Jayen Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari: yuniarinukti.com
Salah satu warung kuliner tahu telor yang cukup legendaris dan populer dari dulu hingga sekarang yaitu tahu telor pak Jayen Surabaya. Yups, Tak cuma dari kalangan mahasiswa saja, masyarakat berbagai kalangan dari para pejabat hingga karyawan pun sudah pernah mencicipi kuliner Surabaya ini. Mungkin karena harganya murah dan memiliki rasa khas yang begitu nikmat.

Memang sih tempat makan nya kurang profesional, terlihat dari lokasi warung makan berada di pinggir jalan bahkan terkesan kurang nyaman. Akan tetapi warung ini tetap ramai mungkin di karnakan kuliner disana sangat enak dan rasa nya seolah-olah pas banget di lidah konsumen.

Tahu Telor Pak Jayen ini berisi potongan tahu goreng, lontong, kentang rebus yang digoreng, sama telur yang ada potongan tahu nya. Trus ada kecambah pendek sama kerupuk. Jika kamu ingin mencoba tahu telor pak Jayen bisa datang kesana ketika sore hari atau malam, karena warung pak Jayen buka mulai pukul 17.00 - 23.00 WIB. Untuk harganya pun murah cuma -/+ 15K saja per porsi. Alamat Jl. Dharmahusada No.112, Mojo, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

10. Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @/i_am_ep
Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak membuat makanan ini menjadi favorit kebanyakan orang atau pencinta kuliner. Dari berbagai jenis ini nasi goreng, ternyata nasi Goreng Jancuk adalah kuliner wajib dicoba saat berkunjung ke Surabaya.

Jancuk adalah bahasa jawa, yang artinya kata makian atau umpatan yang sering di ucapakan orang Surabaya. Sayangnya pada tahun 2014, Surabaya Plaza Hotel tak lagi menjual hidangan ini. Dan sejak saat itu banyak bermunculan penjual makanan nasi goreng pedas dengan nama sama yaitu Nasi Goreng Jancuk.

Dan pada tahun 2020, Nasi Goreng Jancuk ini kembali hadir di PrimeBiz Hotel Surabaya. Menurut Yusak Anshori selaku General Manager PrimeBiz Hotel Surabaya yang juga mantan General Manager Surabaya Plaza Hotel, menjamin bahwa Nasi Goreng Jancuk reborn memiliki rasa yang sama dengan yang dulu dihidangkan di Surabaya Plaza Hotel.

Dalam seporsi Nasi Goreng Jancuk dibanderol 165K. Satu wajan besar yang bisa dinikmati empat orang untuk setiap porsinya, rasa pedas dari cabe rawit bakal bikin kamu keringatan, gobyosss, melet melet, bahkan sampai ngomong, “Jancuk hehe.

11. Mie Akhirat Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari: dparagon.com
Mie Surga merupakan mie putih yang terbuat dari tepung yang dikombinasikan dengan topping daging ayam cincang, siomay dan keripik pangsit. Sedangkan, Mie Neraka yaitu mie hitam yang terbuat dari tepung dan dipadukan dengan pewarna hitam alami dari merang padi. Kedua mie ini sama-sama memiliki pilihan level pedas 0-10.

Jika kamu suka makanan pedas silahkan datang ke Alamat lengkapnya di Jl. Citarum No.2, Darmo, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur. dan buka mulai pukul 10.00 - 22.30 WIB.

12. Rawon Setan Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @sbykulinerinfo
Meski namanya rawon setan tapi bukan setan beneran ya. Kedai rawon ini berada di kawasan tengah kota dan selalu ramai oleh pengunjung karena terkenal dan populer sebagai salah satu rawon Surabaya yang paling enak dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera.


Penamaan kata setan pada menu rawon ini hanyalah julukan dari para pelanggannya. Karena warung ini dulunya hanya bisa dinikmati sejak pukul 11 malam hingga jam dua dini hari. Lokasi di Jalan Kendang Sari Industri No.41B, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya.

13. Bebek Mercon Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @avx_stores
Bagi pecinta makanan pedas wajib mencoba bebek mercon khas Surabaya ini. Daging bebek yang dibakar atau digoreng, kemudian ditambah dengan bumbu yang sangat pedas. Jadi tidak salah jika kuliner dengan menu utama bebek ini dinamakan dengan nama bebek mercon karena dalam menu bebek mercon terdapat butiran cabe dan kuah yang kental.

Saat pertama melahap bebek mercon ini dijamin mulut akan serasa meledak dan terbakar karena kuah kental bebek mercon yang terasa nikmat dan sangat pedas. Oh iya, Saat Kamu berkunjung ke ibukota Jawa Timur rasanya kurang afdol bila tidak berwisata kuliner untuk mencicipi bebek mercon ini.

Alamat di Jl. Kayoon No.10 A, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB. Harga seporsi bebek mercon yaitu berkisar 13K sampai 20K saja.

14. Pecel Semanggi

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari: surabayarollcake.com
Bagi arek Surobayo, kuliner pecel semanggi bukanlah hal yang asing lagi karena asalnya memang dari Kota Pahlawan ini sendiri. Lebih tepatnya berasal dari daerah Benowo, yaitu wilayah pinggiran Surabaya yang berbatasan dengan Kota Gresik.

Berbeda dari pecel umumnya, kuliner tradisional khas Surabaya ini dibuat dari daun semanggi yang di kukus kemudian disiram dengan sambal bumbu pedas. Meskipun merupakan makanan tradisional khas Surabaya ternyata makanan ini agak sulit untuk ditemukan di beberapa tempat di Surabaya karena kebanyakan dari mereka menjajakan Pecel Semanggi dengan cara keliling kampung.

15. Nasi Cumi Pasar Atom Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari:infowarungnasi.blogspot.com
Nasi Cumi Pasar Atom sebenarnya merupakan kuliner yang sederhana. Tetapi memang harus diakui, rasanya begitu nikmat. Tak heran jika usianya kini sudah memasuki sekitar seabad. Tanda-tanda tempat makan termasuk enak dan terkenal adalah ramai dikunjungi para artis. Salah satunya Ada Baim Wong, almarhum Bondan Winarno, dan sederet pesohor lainnya.

Warung tenda ini memiliki empat menu andalan yaitu nasi cumi komplit, cumi campur, cumi biasa, dan nasi rawon cumi. Untuk alamatnya sendiri yaitu di Jl. Waspada No.30, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Surabaya, buka 24 jam. Mengenai harganya kamu cukup merogoh kocek sebesar 30K per porsi. wihh, murah banget kan.

16. Belut Spesial Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari: pergikuliner.com
Warung belut H. Poer Surabaya juga menjadi salah satu tempat kuliner yang paling populer. Sampai para pembeli rela menempuh jarak jauh demi mendapatkannya. Padahal lokasi warung lumayan sulit dicari.

Tak jauh beda dengan warung belut lainnya, menu yang di hidangkan berupa pecel belut kering atau basah. Yang disajikan dengan sambal pedas, selain itu hidangan satu ini makin istimewa dengan bawang putih geprek. Waw, dijamin lidah kamu bakal melet-melet karena ke enakan makan nasi belut ini.

Warung belut spesial H. Poer ini berada di Jalan Banyu Urip No.139, Banyu Urip. Namun, cabangnya cukup banyak, bahkan ada yang di daerah Gresik. Satu porsi nasi Belut baik yang goreng basah atau goreng kering, dibanderol sekitar 14K saja. Sambal tersedia dalam tiga pilihan: pedas, sedang, dan tidak pedas. Buka dari pukul 11.00 - 23.00 WIB.

17. Nasi Krawu Mbuk Su

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @om.makan.om
Nasi Krawu merupakan kuliner khas asal Gresik yang sangat populer. Salah satu warung yang tetap legendaris dan eksis sampai sekarang ini adalah Nasi Krawu Mbuk Su. Perlu kamu tahu warung nasi krawu Buk Su ini telah berdiri sejak tahun 1950-an dan mampu menjelma menjadi kuliner yang legendaris di kota Surabaya Jawa Timur. 

Warung nasi krawu Buk Su ini beralamat di Jl. Raya Darmo Permai III No.12, Tanjungsari, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya. Jika kamu ingin menikmati lezatnya nasi krawu ini maka cukup keluarkan uang sekitar 20K saja per porsinya. Oh iya, warung ini beroperasi sejak pukul 07.00 - 15.00 WIB.

18. Bebek Goreng Sinjay Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @lie.cen.52
Kota Surabaya memang banyak menawarkan aneka kuliner yang menggoda, salah satunya yang wajib kita coba yaitu Bebek goreng Sinjay. Yang membuat masakan ini istimewa adalah bebeknya yang diolah dengan bumbu spesial sampai meresap ke dalam daging sehingga menghasilkan rasa gurih dan nikmat yang tiada tara.

Dalam seporsi menu bebek Sinjay kamu akan mendapatkan nasi putih pulen dalam jumlah banyak dan bebek goreng yang dibuat kremes. Meskipun sudah populer dan tenar namun bebek Sinjay ini tidak akan membuat kantongmu jebol. Satu porsinya hanya dibanderol sekitar 25K saja.

Warung ini beralamat di Kaza City, Lantai 3, Foodcourt, Jl. Kapas Krampung No. 45, Surabaya, Jawa Timur. Buka mulai 10.00 - 19.00 WIB. Nah, jika kamu sedang berwisata di Kota Surabaya sepertinya harus mencoba bebek goreng sinjay ini, rasanya dijamin nikmat sampai ubun-ubun.

19. Rawon Kalkulator Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @dwi_cahya
Warung Rawon Kalkulator terletak di kawasan Taman Bungkul, Kota Surabaya. Konon, rawon tersebut dijuluki Rawon Kalkulator karena ketangkasan para pramusaji saat menggunakan kalkulator. Lebih lanjut, makanan yang satu ini juga masuk dalam daftar kuliner legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1975.

Untuk alamatnya sendiri terletak di Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 22.00 WIB. Nah, jika kamu sedang di Surabaya rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi rawon kalkulator ini. Untuk harganya sangatlah murah, soto/rawon 24K per porsi, babat 12K, perkedel 4K, dan tempe 3K.

20. Tahu Campur Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya Yang Populer, Enak dan Bikin Ketagihan
Foto dari instagram: @arsanti96
Salah satu warung tahu campur yang sangat populer dan melegenda di Kota Surabaya adalah milik cak Minto. Yups, lokasinya berada di Jalan Menanggal Utara No. 6, Menanggal, Gayungan, Surabaya Utara.

Perlu kamu ketahui, Tahu campur cak Minto ini telah berdiri sejak tahun 2002, bahkan telah dimasukkan ke dalam daftar peringkat 7 tahu campur paling enak di kota Surabaya. Jadi tak usah heran jika warungnya selalu ramai di datangi pengunjung. 

Keunggulan dari tahu campur Cak Minto ini adalah daging sapi yang empuk walaupun bagian kulit, kikilnya sehingga sangat mudah sekali ditelan. Harganya juga murah sekali mulai dari 15K saja per porsinya. Warung ini mulai beroperasi pukul 13.00 - 22.00 WIB.

Akhir kata

Demikian artikel tentang makanan khas kota Surabaya yang paling populer dan melegenda. Selain dari daftar makanan khas Surabaya diatas, tentunya masih banyak jenis makanan lain yang bisa kamu coba. Mulai dari makanan tradisional, camilan atau jajanan, makanan kekinian, semua bisa kamu temui disana.

Nah, apabila kamu sedang berwisata di kota Surabaya rasanya kurang lengkap jika belum mencoba salah satu menu makanan khas di atas. Makanya buruan cobain, kalau kamu tau rasanya pasti bakal ketagihan haha..! Ya sudah, cukup sekian dulu semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih.