Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Lontong Balap Khas Surabaya Yang Enak, Mudah dan Kuahnya Segar

Lontong Balap adalah makanan kuliner khas Surabaya yang sederhana tapi rasanya sangat spesial asli paling enak. Lontong Balap sudah menjadi salah satu jenis makanan kebanggaan di Surabaya. Dinamakan lontong balap karena dulu pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan cara bergantian memakai peralatan, dimana selalu ingin cepat selesai hingga akhirnya muncul dengan istilah “balapan”.
Membuat Lontong Balap Rumahan Khas Surabaya, Kuahnya Segar dan Enak
Foto dari instagram: @inamaniez
Berbeda dengan sekarang para pedagang lontong balap kebanyakan pakai gerobak dorong. Atau sebagian juga sudah punya warung sendiri sehingga jualan mereka menetap. Sampai sekarang, lontong balap masih jadi menu favorit arek-arek Suroboyo loh. Kamu penasaran nggak bagaimana cara buatnya?

Lontong balap ini rasanya memang enak, gurih, kuahnya segar dan macam-macam pokoknya. Jika kamu orang Surabaya yang merantau ke luar daerah biasanya akan selalu kangen dengan masakan sederhana yang satu ini. Untuk itu tidak ada salahnya jika membuat sendiri di rumah, caranya sangat mudah kok silahkan simak berikut ini.

Cara membuat lontong balap khas Surabaya

Bahan-bahan

-500 gr tauge/cambah
-5 siung bawang putih
-1 sdt lada bubuk
-1 sdt kaldu bubuk
-2 batang daun bawang
-3 batang seledri
-1,5 lt air
-Garam dan gula secukupnya

Bahan pelengkap:

-Lontong
-Tahu goreng
-Lento kacang tolo
-Bawang goreng
-Kecap manis

Bahan Lento:

-500 gr singkong parut
-1/4 kelapa muda parut
-200 gr kacang tolo, rebus sampai matang

Bumbu halus lento:

-7 siung bawang merah
-5 siung bawang putih
-2 ruas kencur
-1/2 sdm ketumbar
-7 lembar daun jeruk
-Garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya

Bahan sambel petis:

-3 siung bawang putih
-25 bh cabai rawit (sesuai selera)
-200 gr petis udang
-1-2 sdm kecap manis
-Air secukupnya
-Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

1.Kuah tauge:

Haluskan bawang putih. Tumis dan masukkan kaldu bubuk, tambahkan garam dan kaldu bubuk. Tes rasa, kemudian masukkan daun bawang, seledri dan tauge. Aduk rata dan matikan.

2.Lento kacang tolo

Campur semua bahan dan bumbu halus. Aduk rata kemudian buat bulatan dengan cara dikepal- kepal hingga padat. Goreng hingga kecoklatan.

3.Sambal petis

Haluskan bawang bawang putih dan cabai rawit. Tumis kemudian masukkan petis udang lalu tambahkan air sedikit. Aduk- aduk lalu tambahkan garam, gula dan kecap manis. Aduk lagi hingga petis tidak menggumpal. Masak hingga meletup- letup.

CARA PENYAJIAN:

Siapkan piring kemudian susun potongan lontong sesuai dengan selera, ditambah juga tahu goreng dan lento. Kemudian tambahkan tauge dan siram dengan kuah. Tambahkan juga kecap manis dan sambal petis. Terakhir taburi bawang goreng. Lontong balap siap dinikmati. Terima kasih semoga artikel ini bermanfaat.