Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Percetakan Undangan Pernikahan dan Rincian Modalnya

Prospek bisnis jasa percetakan undangan pernikahan masih sangat menggiurkan dan kedepannya akan terus berkembang. Yups, meskipun bisnis cetak undangan ini termasuk kategori bisnis musiman tapi jika di jalani dengan serius hasilnya juga lumayan menguntungkan.
Bisnis Percetakan Undangan Pernikahan dan Rincian Modalnya
Perlu kamu tahu, bisnis cetak undangan akan selalu diperlukan orang banyak. Apabila kamu mempunyai modal keuangan yang pas-pasan sangat tepat untuk membuka usaha percetakan undangan dengan potensi untung besar.
Jika kamu tidak menyewa tempat yang strategis seperti di pinggir jalan yang ramai, dekat kerumunan orang dll, bisnis percetakan undangan pernikahan masih bisa dijalankan dalam skala rumahan. Tentu saja langkah ini sangat efektif untuk meminimalisir modal usaha yang besar.

Berapa sih modal dalam bisnis percetakan undangan? berikut ini beberapa barang yang wajib kamu beli dan rincian modal yang harus kamu keluarkan untuk bisnis percetakan undangan hingga siap buka, di antaranya:

Peralatan cetak undangan yang harus dibeli

1. Katalog undangan

Tahap pertama yaitu mengumpulkan atau menyiapkan sebuah katalog. Apa itu katalog undangan? Katalog undangan adalah sample atau contoh undangan dari beberapa jenis dan model. Siapkan minimal 50 contoh undangan sebagai permulaan.

Untuk katalog kamu bisa membelinya di percetakan yang menjual blangko undangan, usahakan membeli katalog yang berisi blangko undangan model terbaru.

2. Display undangan

Display undangan ini fungsinya digunakan untuk memajang aneka macam undangan, caranya disusun semenarik mungkin agar bisa dilihat orang dengan jelas untuk menarik konsumen. Untuk pembuatan display yang murah bisa menggunakan bahan plywood.

3. Printer & mesin cetak

Untuk tahap permulaan sebaiknya kamu membeli printer bekas saja, cari yang kondisinya masih bagus. Harga printer bekas bervariasi tergantung merek. Harganya mulai dari 500 ribuan hingga 1 jutaan. Untuk rekomendasinya, sebaiknya kamu membeli printer merek epson, kenapa? Karena printer merek ini sudah terbukti kuat dan paling banyak dipakai oleh pengusaha percetakan.

4. Komputer & laptop

Komputer atau laptop sangat wajib diadakan dalam bisnis jenis ini. Karena dalam melakukan desain undangan atau dalam melakukan pengetikan, kamu akan membutuhkan sebuah komputer. Untuk memangkas harga, sebaiknya kamu membeli komputer bekas dulu sebagai percobaan usaha ini.

Akan tetapi jika kamu memiliki dana mencukupi, lebih baik beli yang baru saja. Untuk harga komputer bekas yang bisa diandalkan untuk melakukan usaha percetakan harganya berkisar 1,5 jutaan - 3 jutaan. Namun sebaiknya belilah komputer jenis desktop atau komputer meja. Selain harganya yang lebih murah, komputer desktop lebih kuat ketahananya ketika hidup terus menerus.

Rincian modal yang dikeluarkan

  • Katalog Undangan Rp. 100.000
  • Spanduk atau Banner Rp. 50.000
  • Komputer PC Second Rp. 2.200.000
  • Display undangan Rp. 300.000
  • Printer baru Rp. 1.800.000
  • Meja Rp. 350.000
  • Total semua: Rp. 4800.000

Penutup

Demikianlah rincian modal bisnis jasa percetakan undangan pernikahan. Usaha percetakan undangan ini jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan telaten pasti akan cepat sukses. Dan satu hal yang tidak kalah penting yaitu jangan mudah menyerah dan putus asa. Terima kasih semoga artikel ini bisa bermanfaat.